Mengenal Asuransi Kecelakaan Diri dan Asuransi Perjalanan, Beda Atau Sama? - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Mengenal Asuransi Kecelakaan Diri dan Asuransi Perjalanan, Beda Atau Sama?

Perbedaan Asuransi Kecelakaan dan Asuransi Perjalanan

Halo pembaca setia blog akubisnis.com, bagaimana kabarnya semua? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia selalu ya. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai asuransi kecelakaan diri dan asuransi perjalanan. Apakah keduanya sama atau berbeda? 

Agar kamu bisa mendapatkan jawabannya secara detail, yuk baca terus artikelnya sampai selesai ya guys. Oke, mari kita lanjut!

Mungkin saja nih, kamu masih menganggap jika kedua asuransi tersebut adalah sama. Padahal faktanya, antara asuransi kecelakaan dan asuransi perjalanan merupakan jenis asuransi yang berbeda loh!

Meski kedua jenis asuransi ini memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan rasa tenang, aman dan nyaman ketika melakukan perjalanan, bekerja ataupun melakukan aktivitas sehari-hari. Keduanya juga sama-sama memberikan perlindungan perihal kondisi finansial pemiliknya.

Namun jika dilihat lebih teliti lagi, terdapat perbedaan paling mendasar dari kedua jenis asuransi tersebut, yaitu :

  • Jaminan perlindungan yang didapat
  • Jangkauan asuransi
  • Tarif premi yang harus dibayar

Bahasan selanjutnya kita kenalan dengan perbedaan kedua asuransi tersebut ya guys. Let's check it out!

Mengenal Perbedaan Asuransi Kecelakaan dan Asuransi Perjalanan 

Mari kita ketahui terlebih dulu apa itu asuransi kecelakaan. Produk asuransi ini memberikan perlindungan kepada tertanggung terhadap segala bentuk risiko kecelakaan yang bisa saja terjadi di mana saja dan kapan saja.

Selanjutnya asuransi perjalanan adalah asuransi yang memberikan perlindungan kepada tertanggung di saat sedang melakukan perjalanan saja. Sudah tahu dong perbedaan keduanya?!

Agar kamu lebih paham lagi, simak beberapa poin perbedaan paling mendasar antara asuransi kecelakaan dan asuransi perjalanan berikut ini :

1. Cakupan perlindungan

Asuransi kecelakaan

Ketika kamu membeli produk asuransi kecelakaan, maka kamu akan memperoleh jaminan perlindungan dari segala jenis risiko finansial yang disebabkan oleh kecelakaan yang menimpa karena ketidaksengajaan yang datang secara tiba-tiba.

Asuransi kecelakaan bisa berlaku bagi individu maupun seluruh keluarga sesuai polis yang telah disepakati sebelumnya.

Adapun definisi kecelakaan sangat luas, bukan hanya ketika berkendara dengan menggunakan kendaraan saja, tetapi kecelakaan pada beberapa hal, seperti kecelakaan ketika bekerja, keracunan akibat gas beracun, terjatuh di tangga, tertimpa benda keras hingga mengalami tenggelam.

Perusahaan asuransi akan memberikan biaya pengganti, seperti biaya pengobatan dan perawatan yang disebabkan oleh kecelakaan tersebut. 

Tidak hanya itu saja, perlindungan kecelakaan juga meliputi kecelakaan yang mengakibatkan kematian, cacat tetap, meliputi :

  • Kehilangan fungsi penglihatan, baik sebelah mata saja atau kedua mata
  • Kehilangan fungsi maupun secara fisik pada anggota tubuh, seperti tangan dan kaki, baik satu bagian saja ataupun kedua bagian
  • Kelumpuhan total

Jika kecelakaan yang dialami menyebabkan tertanggung meninggal dunia, maka uang santunan akan diberikan kepada ahli waris seperti yang tercantum dalam polis asuransi.

Asuransi perjalanan 

Berbeda dengan asuransi kecelakaan, pada asuransi perjalanan akan memberikan jaminan perlindungan kepada tertanggung untuk semua risiko yang berhubungan dengan kondisi medis ataupun ketidaknyamanan di saat sedang melakukan perjalanan.

Berikut adalah beberapa contoh risiko yang berhubungan dengan kondisi medis yang akan ditanggung asuransi perjalanan :

  • Kecelakaan,
  • Kecacatan fisik secara permanen,
  • Kondisi darurat secara medis,
  • Meninggal dunia akibat kecelakaan,
  • Pemulangan jenazah ke rumah duka, hingga biaya pemakaman.

Lalu, contoh risiko yang menyebabkan rasa tidak nyaman di saat sedang melakukan perjalanan, di antaranya :

  • Hilangnya bagasi atau terlambat,
  • Penundaan dan keterlambatan penerbangan hingga pembatalan,
  • Kehilangan barang ataupun uang pribadi,
  • Tindakan kriminal dan terorisme.

2. Jangka waktu perlindungan

Asuransi kecelakaan

Perbedaan selanjutnya terletak pada durasi atau jangka waktu perlindungan. Bagi pemilik asuransi kecelakaan, jangka waktu perlindungan pada umumnya berlaku selama tahunan, bahkan bisa mencapai 50 tahun. Jaminan perlindungan akan terus berlaku, selagi polis masih aktif.

Asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan hanya akan melindungi ketika tertanggung melakukan perjalanan, sehingga jangka waktu perlindungan lebih singkat dan terbatas dibandingkan asuransi kecelakaan. Di saat kamu sedang dalam perjalanan, kamu akan mendapatkan perlindungan dari segala jenis risiko yang mungkin saja terjadi.

3. Jangkauan perlindungan yang diberikan

Asuransi kecelakaan 

Perusahaan asuransi biasanya menawarkan produk asuransi kecelakaan dengan ketentuan yang berbeda. Ada produk asuransi kecelakaan yang berlaku hanya di Indonesia saja. Mengenai penggantian biaya pengobatan dan perawatan yang diberikan juga disesuaikan dengan yang ada di Indonesia saja.

Sebelum kamu membeli produk asuransi kecelakaan, sebaiknya periksa kembali secara detail mengenai apa saja jangkauan perlindungan yang akan didapatkan.

Asuransi perjalanan

Jangkauan perlindungan untuk asuransi perjalanan jauh lebih fleksibel jika dibanding asuransi kecelakaan. Kamu bisa dengan leluasa memilih jangkauan perlindungan sesuai dengan kebutuhan, apakah ingin kawasan domestik saja atau internasional.

Jika kamu memilih area jangkauan domestik, maka polis asuransi perjalanan tidak berlaku jika kamu melakukan perjalanan ke luar negeri.

Namun jika kamu membeli kedua jaminan asuransi perjalanan, maka perjalanan kamu akan mendapatkan jaminan perlindungan dari seluruh risiko yang mungkin saja terjadi, baik di dalam negeri ataupun di luar negeri.

4. Tarif premi asuransi

Asuransi kecelakaan 

Asuransi kecelakaan memiliki tarif premi yang lebih mahal jika dibandingkan dengan asuransi perjalanan. Hal ini karena jangka waktu asuransi kecelakaan lebih lama. Namun tarif premi tersebut masih lebih terjangkau dibanding asuransi kesehatan atau asuransi jiwa.

Perlu kamu ketahui, tarif premi yang dibayarkan untuk produk asuransi kecelakaan tergantung pada tingkat risiko atau kerugian yang ditanggung. Semakin tinggi risikonya, maka semakin besar premi yang harus dibayar.

Asuransi perjalanan

Berhubung durasi perlindungan yang lebih singkat, biasanya hanya hitungan hari atau bulan, maka preminya bisa lebih murah. Bahkan, kamu bisa membayarkan premi cukup sekali saja sesuai durasi asuransinya.

Tertanggung tetap akan mendapatkan jaminan perlindungan maksimal sekaligus mendapatkan penggantian sesuai risiko yang dialami, meski hanya membayar premi sekali saja.

Konklusi

Asuransi kecelakaan akan lebih cocok bagi kamu para pekerja dengan tingkat risiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi. Sementara bagi kamu yang sering melakukan perjalanan, baik dalam negeri maupun luar negeri, cocok untuk membeli produk asuransi perjalanan.

Baik asuransi kecelakaan maupun asuransi perjalanan sangat bermanfaat dalam memberikan perlindungan secara finansial dengan tarif premi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan.

Demikian perbedaan antara asuransi kecelakaan dan asuransi perjalanan yang bisa saya bagikan kepada pembaca semuanya.

Semoga bermanfaat!

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon