5 Tips Agar Investasi Tetap Cuan - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

5 Tips Agar Investasi Tetap Cuan

Tips Investasi Tetap Cuan

Melakukan investasi, tentu memiliki risiko yang sewaktu-waktu bisa saja datang. Salah satunya adalah kondisi pasar yang terkadang cenderung membuat investor khawatir. Maka dari itu, setiap investor perlu menyusun strategi agar tujuan investasi bisa tercapai.

Seperti dikutip dari laman finance.detik.com, Freddy Tedja selaku Head of Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia sharing mengenai tips investasi di tengah kondisi yang tidak menentu tersebut. 

Tips Aman Agar Investasi Tetap Cuan

Tips investasi agar tetap cuan ini sangat baik diketahui oleh setiap investor, terutama bagi mereka yang baru pertama kali melakukan investasi. Hal ini penting dilakukan agar investasi yang kamu lakukan bisa tetap mendapatkan Cuan atau keuntungan, meski di tengah kondisi yang kurang memungkinkan.

1. Selalu lakukan diversifikasi 

Hal pertama yang bisa investor lakukan agar investasi bisa tetap mendapatkan keuntungan adalah melakukan diversifikasi portofolio. Diversifikasi adalah langkah untuk memvariasikan produk, usaha, jenis aset, investasi atau lainnya dengan tujuan untuk mengurangi risiko.

Proses diversifikasi tersebut dinilai mampu melindungi investasi dari pergerakan naik turun pasar. Jadi, ketika pasar mengalami pergolakan, tidak seluruh investasi akan terkena dampak dalam besaran yang sama.

"Tujuannya, agar kita masih memiliki pos investasi lain yang bisa mengkompensasi atau setidaknya mengurangi penurunan investasi yang terjadi," katanya dalam keterangannya, Minggu (30/6/2024).

2. Berpikir rasional dan jauhkan sifat emosional

Keduanya ternyata bisa memberikan dampak yang kurang baik terhadap proses Investasi, terutama ketika pasar dalam keadaan bergejolak. Ketika kondisi pasar sedang cenderung naik dan hasil investasi membuahkan hasil, maka terkadang investor cenderung tidak berpikir rasional, menjadi lebih berani mengambil risiko lebih dari biasanya. Begitu juga sebaliknya.

"Tindakan irasional terkait profil risiko adalah salah satu penyebab umum terjadi kegagalan tujuan investasi," ucap Freddy.

3. Hindari godaan jangka pendek 

Freddy juga mengungkapkan sebaiknya berpikir matang sebelum membeli atau menjual portofolio investasi. Pada dasarnya investor bisa kapan saja membeli atau menjual portofolio investasinya. Namun, sebenarnya hal ini justru membuat kehilangan momentum pergerakan pasar, hasilnya malah 'boncos'.

"Inilah yang harus dihindari oleh investor. Dengan tetap berinvestasi dalam jangka yang cukup panjang, kita tak akan kehilangan potensi dari hari-hari yang membawa imbal hasil yang optimal di pasar," ujarnya.

4. Tujuan investasi untuk jangka panjang

Investasi yang dilakukan sejak dini, maka semakin lama dan banyak investor mendapatkan momentum kenaikan yang terjadi di pasar finansial. Volatilitas serta beberapa gejolak jangka pendek yang terjadi sepanjang waktu akan terlihat 'halus' jika dilihat secara jangka panjang. 

Pengertian volatilitas adalah seberapa besar perubahan harga suatu sekuritas atau indeks pasar dalam suatu periode tertentu. Semakin besar volatilitas, maka semakin besar risiko yang terkait dengan produk atau aset investasi tersebut.

"Dan justru volatilitas-volatilitas jangka pendek itu bisa menjadi peluang untuk meraih hasil lebih jika kita manfaatkan untuk menambah investasi kita," kata Freddy.

5. Berinvestasilah secara rutin

Investor yang melakukan investasi dana secara berkala, maka investor bisa membeli lebih banyak unit investasi dengan harga lebih rendah dan lebih sedikit pada harga lebih tinggi. Ketika harga naik, investor memiliki lebih banyak unit investasi dengan hasil yang maksimal serta lebih sedikit unit investasi dengan cuan sedikit.

"Demikian juga ketika harga turun, kita memiliki lebih banyak unit investasi yang merugi tipis, dan hanya sedikit unit investasi yang merugi banyak," ujarnya.

Konklusi 

Apapun jenis investasi yang kamu lakukan, entah itu investasi properti, investasi saham, investasi emas, obligasi dan jenis investasi lainnya, tentunya memiliki risiko. 

Namun tidak perlu terlalu risau, selama kamu memahami langkah dasar dan menerapkan langkah preventif di atas, kamu bisa meminimalisir risiko dalam berinvestasi dan tujuan mendapatkan keuntungan bisa lebih mudah tercapai.

Demikian artikel tentang tips investasi agar tetap cuan dan menguntungkan, meski di tengah kondisi yang serba tidak pasti.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon