Investor Wajib Tahu! Begini Cara Analisis Kelayakan Investasi - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Investor Wajib Tahu! Begini Cara Analisis Kelayakan Investasi

Analisis Kelayakan Investasi

Selagi memiliki dana, kamu bisa melakukan investasi kapanpun dengan cukup mudah. Apalagi saat ini sudah banyak platform yang menawarkan pilihan instrumen investasi secara praktis dan bisa dilakukan secara online. Bahkan untuk dana awal investasi juga cukup terjangkau, yakni mulai dari puluhan ribu ataupun 100 ribuan saja.

Namanya investasi, pastinya kamu ingin mendapatkan keuntungan, tanpa menimbulkan kerugian ataupun muncul utang baru. Maka dari itu, kamu perlu mengukur modal investasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Perlu kamu ketahui, jangan hanya karena bisa mulai investasi dengan modal kecil, lantas kamu sembarangan dalam menjalani investasi. Pertimbangkan faktor hasil dan risiko kerugian. Selain itu kamu juga perlu menilai kelayakan investasi dari instrumen yang dipilih.

Dengan mengetahui kelayakan investasi sejak awal, maka kamu sebagai investor setidaknya bisa mendapatkan gambaran mengenai investasi yang kamu jalani, apakah akan mendapatkan hasil (keuntungan) atau tidak. Lalu keuntungan tersebut maksimal atau tidak.

Agar kamu tidak mengalami kerugian dalam berinvestasi, ada baiknya segera pahami apa yang dimaksud analisis kelayakan investasi. Jadi, baca terus sampai tuntas ya. Terutama bagi kamu yang baru belajar investasi.

Memahami Pengertian Analisis Kelayakan Investasi dan Apa Saja Manfaatnya 

Investasi bukan sesimpel yang kamu pikir, setor modal, lalu menunggu keuntungannya. Tidak!! Namun kamu perlu memahami banyak hal, agar investasi yang kamu lakukan bisa membuahkan hasil sesuai harapan.

Sebelum memutuskan memilih instrumen investasi yang tepat, sebaiknya pahami terlebih dulu jenis instrumen investasi yang ada, mulai dari deposito, saham, obligasi, emas, properti dan lain sebagainya. Setelah itu, kamu pahami analisis kelayakan investasi.

Analisis kelayakan investasi adalah suatu aktivitas yang perlu dilakukan oleh investor untuk mengetahui prospek dari suatu investasi yang mendasari pengambilan keputusan investasi tersebut, apakah menguntungkan atau malah sebaliknya.

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan ketika menerapkan analisis kelayakan investasi :

1. Kesempatan memilih investasi yang tepat

Dengan menerapkan analisis kelayakan investasi, kamu bisa memilih investasi yang tepat. Melalui evaluasi menyeluruh biaya dan manfaat yang terkait dengan investasi.

2. Kemampuan mengambil keputusan yang lebih baik

Manfaat selanjutnya kamu bisa mengambil sebuah keputusan yang lebih baik berdasarkan rasional dengan mempertimbangkan faktor biaya, manfaat, risiko dan waktu pengembalian investasi.

3. Kemampuan dalam mengendalikan risiko

Investasi bukan tanpa risiko. Dengan melakukan analisis kelayakan investasi, kamu bisa mengidentifikasi serta mengelola risiko dari sebuah investasi melalui berbagai faktor, mulai dari perubahan pasar, persaingan ataupun perubahan regulasi.

4. Kemampuan dalam mengukur kinerja investasi

Mengukur kinerja investasi juga cukup penting untuk dilakukan, agar kamu bisa membandingkan hasil aktual dengan hasil estimasi dalam analisis kelayakan investasi.

5. Bisa memantau dan melakukan evaluasi

Melalui analisis tersebut, kamu juga bisa memantau kinerja sekaligus melakukan evaluasi terhadap investasi yang kamu jalani. Dengan menetapkan indikator kinerja dan target yang jelas, bisa membantu terhadap pencapaian hasil yang diharapkan.

Apa Saja Fungsi Analisis Kelayakan Investasi? 

Fungsi analisis kelayakan investasi ini akan membantu memudahkan investor, manajer atau pengambil keputusan dalam melakukan evaluasi risiko dan potensi keuntungan sebelum berinvestasi. 

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari analisis kelayakan investasi yang perlu kamu ketahui :

1. Mampu menilai potensi keuntungan yang didapatkan 

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan adalah memperkirakan tingkat pengembalian yang akan kamu dapatkan dari investasi tersebut. Hal ini mencakup perhitungan ROI (Return of Investment), NPV (Net Present Value), IRR (Internal Rate of Return) dan Playback Period.

2. Mengidentifikasi dan mengelola risiko 

Berbagai kemungkinan risiko yang akan muncul pun bisa diidentifikasi oleh investor, mulai dari risiko pasar, risiko operasional, risiko finansial dan risiko hukum. Selanjutnya, melalui analisis tersebut, akan membantu menyusun strategi mitigasi untuk mengurangi dampak negatif dari risiko tersebut.

3. Membantu menilai kelayakan finansial

Total keseluruhan biaya terkait investasi, termasuk biaya awal, biaya operasional dan biaya lainnya yang muncul, akan lebih mudah untuk dilakukan evaluasi. Termasuk juga penilaian kebutuhan pendanaan untuk proyek tersebut dan menentukan apakah investor memiliki kapasitas finansial yang cukup untuk mendanai investasi tersebut.

4. Membantu pengambilan keputusan 

Analisis ini juga turut membantu memudahkan investor dalam memberikan dasar yang kuat untuk mengambil keputusan, apakah akan melanjutkan atau membatalkan investasi. Analisis ini juga bisa menentukan mana investasi yang menawarkan value terbaik.

5. Menyusun strategi investasi

Fungsi analisis kelayakan investasi yang berikutnya membantu merancang strategi investasi jangka panjang dengan mempertimbangkan pertumbuhan dan potensi pengembangan di masa mendatang. Keberadaan portfolio ternyata juga bisa membantu mengoptimalkan alokasi aset untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir risiko.

Konklusi

Jadi, sudah tau kan, betapa pentingnya untuk menerapkan analisis kelayakan investasi, agar investasi yang kamu jalani berjalan lancar dan menghasilkan keuntungan sesuai harapan. Kamu juga bisa lebih waspada sebelum membeli produk instrumen investasi.

Semoga bermanfaat 

Newest
Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon