Tips Mengurangi Biaya Perawatan Mesin Industri dan Rekomendasi Software-nya - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Tips Mengurangi Biaya Perawatan Mesin Industri dan Rekomendasi Software-nya

Tips Mengurangi Biaya Perawatan Mesin Industri

Dalam suatu kesempatan, saya dan rekan satu team pernah melakukan briefing dengan departemen engineering. Tujuannya adalah untuk menambah wawasan bagi para karyawan, terutama di bidang permesinan yang digunakan untuk menunjang operasional perusahaan. Mungkin kalau kami tidak pernah briefing bersama, tidak akan pernah tahu seluk beluk permesinan seperti apa.

Materi yang dibahas kali ini tidak hanya seputar operasional dan produktivitas kerja saja, melainkan mendengarkan secara langsung penjelasan mengenai perawatan serta pemeliharan mesin operasional di perusahaan. Bagaimana cara perawatannya, hingga biaya-biaya yang dikeluarkan untuk biaya perawatan mesin tersebut.

Saya dan rekan-rekan yang mengikuti briefing kali ini cukup terkesima mendengar penjelasan dari salah satu engineering supervisor bahwasanya pemeliharaan mesin industri sangat kompleks serta membutuhkan biaya pemeliharaan yang tidak sedikit. Namun sebenarnya biaya perawatan mesin ini masih bisa diminmalisir dengan melakukan langkah-langkah yang efektif.

Nah, maka dari itu, mari kita simak bersama bagaimana tips atau langkah preventif agar kesehatan mesin tetap terjaga dengan baik, sehingga mampu mengurangi biaya perawatan mesin. 

Langkah-langkah Efektif dalam Merawat Mesin Industri Agar Mampu Meminimalisir Biaya Perawatan

Agar tidak mengganggu keberlangsungan bisnis, manajemen melakukan perawatan mesin industri semaksimal mungkin. Berbagai strategi pun dilakukan agar biaya yang dikeluarkan tidak membengkak. Hal ini penting dilakukan mengingat perawatan mesin menjadi prioritas untuk mencapai keberhasilan operasional suatu perusahaan atau industri.

Apalagi di dunia industri modern seperti sekarang ini, persaingan bisnis sangat tinggi, sehingga kelancaran produksi sangat bergantung pada produktivitas kerja dan kinerja optimal mesin-mesin yang digunakan. Maka dari itu sangat penting bagi perusahaan atau industri untuk melakukan langkah-langkah preventif agar biaya yang dikeluarkan tidak membengkak. 

1. Lakukan pemeriksaan rutin

Melakukan pemeriksaan rutin menjadi langkah paling penting untuk menjaga kesehatan mesin industri. Pemeriksaan ini meliputi pengecekan secara visual dan audit, sehingga tanda-tanda keausan atau kerusakan pada tahap awal akan terdeteksi dan tidak berkembang menjadi masalah yang serius.

Pemeriksaan dengan menggunakan metode checklist dinilai cukup ampuh untuk mengidentifikasi potensi masalah secara lebih awal, sehingga memungkinkan untuk merawat mesin tepat waktu sebelum rusak. Hal ini tentu akan mencegah kerugian produksi dan biaya perbaikan yang nominalnya tidak terduga.

2. Pelumasan yang optimal

Komponen pada mesin harus diperhatikan dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan memberikan pelumas yang tepat untuk mencegah terjadinya gesekan berlebihan dan panas yang tidak diinginkan pada mesin. Minimnya pelumasan pada mesin yang dioperasikan memiliki risiko tinggi mengalami keausan dan kegagalan komponen mesin.

Maka dari itu, pelumasan yang sesuai dengan spesifikasi mesin dan penerapan jadwal pelumasan yang teratur menjadi sangat penting diperhatikan. Hal ini memberikan dampak yang baik pada umur pakai mesin dan juga membantu menjaga efisiensi biaya operasional.

3. Pembersihan secara berkala

Mesin industri sangat rentan terkena debu dan kotoran yang jika dibiarkan akan merusak komponen mesin lebih cepat. Tumpukan partikel ini akan menyebabkan keausan, mengganggu pergerakan komponen dan pada akhirnya mesin akan mengalami kerusakan.

Maka dari itu, lakukan pembersihan secara berkala sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Hal ini akan membantu mencegah potensi kerusakan sekaligus menjaga mesin agar tetap beroperasi pada performa yang optimal.

4. Perawatan preventif

Perawatan preventif juga menjadi faktor penting dalam menjaga performa mesin tetap optimal. Biasanya langkah ini meliputi tindakan lebih lanjut, seperti penggantian komponen yang rentan aus, kalibrasi dan evaluasi performa secara berkala. Penerapan perawatan preventif ini mampu mengidentifikasi dan menangani potensi masalah, sebelum berdampak pada produksi.

5. Pemantauan dan analisis data

Dalam era digital, penggunaan business tools dinilai menjadi pilihan yang ideal, karena bisa membantu memantau dan menganalisis data secara lebih efisien. Dengan mengandalkan software teknologi tersebut, akan lebih mudah bagi perusahaan untuk mengumpulkan data tentang kinerja mesin secara real-time.

Langkah analisis data ini bisa membantu menentukan kapan mesin memerlukan perawatan lebih lanjut, sehingga kondisi mesin akan terpantau lebih efektif. Selain itu juga, bisa meningkatkan performa mesin, mengurangi waktu henti produksi hingga mencapai tingkat efisiensi operasional yang lebih tinggi.

Manfaatkan Software Teknologi dari Astakona.id

Memasuki era modern seperti sekarang ini, tidak sedikit para pebisnis yang mengandalkan aplikasi proyek untuk menjalankan usahanya, terutama usaha di bidang industrial. Hal ini dinilai mampu mempermudah pengawasan operasional perusahaan, termasuk perawatan mesin industri.

Adapun PT Gemilang Astakona Sejahtera (ASTAKONA) berdiri pada tahun 2023 oleh dua orang yang saling bermitra satu sama lain. Astakona menghadirkan software teknologi modern yang mampu memaksimalkan kinerja, kualitas dan ketersediaan operasi manufaktur, yakni software Facttwin.

Aplikasi Proyek

Melalui software Facttwin, Astakona berkomitmen untuk berusaha menyediakan produk berkualitas yang akan membantu meningkatkan bisnis hingga mencapai kesuksesan serta produktivitas yang leibih tinggi.

Business Tools

Sebagai machine health monitoring, software Astakona yang satu ini akan membantu para pebisnis dalam melakukan akuisisi, memproses serta menganalisi data secara real-time untuk memberikan informasi bisnis yang lebih akurat. Selain itu juga mampu memberikan kendali penuh terhadap operasi produksi dengan visibilitas penuh ke dalam data produksi dengan metrik KPI dan notifikasi otomatis.

Facttwin juga menjadi sebuah produk Astakona yang memiliki kemampuan dalam menghitung Overall Equipment Effectiveness (OEE), Total Effective Equipment Performance (TEEP) dan beragam metrik lainnya dari data yang telah terkumpul. 

Produk Astakona

Tidak hanya itu saja, sebagai business tools, Facttwin juga menyajikan fitur pelacakan waktu henti yang direncanakan dan tidak direncanakan yang bisa diatur secara otomatis ataupun manual. 

Software Astakona

Pengguna produk Astakona ini juga bisa melakukan otomatisasi pemeliharaan pencegahan, prediksi dan penjadwalan kegiatan pemeliharaan berdasarkan waktu atau kondisi, serta merupakan aplikasi proyek yang ramah selular bagi supervisor untuk memberikan tugas pemeliharaan.

Konklusi

Dalam dunia bisnis, efisiensi biaya menjadi poin yang sangat penting diperhatikan oleh perusahaan. Pengelolaan biaya operasional yang optimal, secara tidak langsung akan memengaruhi keberlangsungan bisnis. Maka dari itu, jangan pernah menganggap sepele dengan perawatan mesin. Semakin baik pengelolaan mesin industri, maka semakin efisien biaya operasional yang dikelola.

Software Astakona dinilai menjadi solusi tepat bagi perusahaan untuk membantu meningkatkan efektivitas, efisiensi dan produktivitas bisnis. Berkat bantuan business tools modern dari Astakona ini, diharapkan tidak hanya meningkatkan produktivitas kerja saja, tetapi juga mampu memenuhi target produksi perusahaan.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

18 komentar

  1. Iya sih. Mending kita tuh melakukan monitoring perawatan secara rutin. Sehingga, ketika ada yang bemasalah, kita lebih dulu tahu sebelum kerusakannya malah menjalar ke yaang lain.

    BalasHapus
  2. Wah, bagus sekali produk dari Astakona ini. Betul banget mesin butuh perawatan berkala agar tetap berproduksi maksimal.

    BalasHapus
  3. Memudahkan perawatan peralatan industri ya dengan adanya business tools dari Astakona ini, yang terpenting bisa memaksimalkan potensi sumber daya yang ada biar lebih berkembang

    BalasHapus
  4. Pemeriksaan rutin sangat penting dilakukan untuk mencegah kerusakan parah. Yang bisa meminimalisir biaya perawatan alat.

    BalasHapus
  5. Nah itu, yang punya bisnis industrial jadi membantu ya dengan kehadiran software ini. Lebih hemat dan efisien tentunya

    BalasHapus
  6. Mesin apa pun, pasti butuh perawatan rutin. Daripada abai, malah bisa bikin mesin mudah rusak, operasional terganggu, dan biaya perawatannya jadi membengkak. Otomatisasi pemeliharaan membuat pekerjaan ini jadi lebih ringan dan terkontrol.

    BalasHapus
  7. Membersihkan alat-alat industri secara rutin tuh membutuhkan waktu. Tapi, dengan hadirnya software dari Astakona ini semuanya dapat terbantu.

    BalasHapus
  8. sudah ada software yang membantu operasional produksi nih dari Astakona, Facttwin. yang biasanya serba manual dan bikin jadwal manual juga, jadi lebih mudah dengan Facttwin. pengawasan dan pemeliharaan juga jadi lebih mudah dan detail

    BalasHapus
  9. Wah keren Facttwin ini ada pelacakannya juga yaak, jadi bisa lebih efektif dan efisien kerjaan kita wekekeke. dan iya bener biaya ngga bengkak2 banget jadinya

    BalasHapus
  10. Era digital, bahkan untuk perawatan mesin industri pun ada software-nya. Astakona memang keren. Buat yang menggunakan business tools dari Astakona, dijamin nih efektivitas, efisiensi dan produktivitas kerjanya.

    BalasHapus
  11. Dengan bantuan Astakona perawatan mesin industri akan lebih terkontrol sehingga tidak ada lagi masalah-masalah permesinan karena kelalaian perawatan kita. Recommended banget dah Astakona ini untuk digunakan di dunia industri

    BalasHapus
  12. Dgn punya software machine health monitoring gini, kita ga usah repot2 ngecek mesin satu2 ya kang. Pekerjaan kita jd lebih efektif dan efisien.

    Otomatis bakal menekan biaya2 yg ga perlu. Yg ujungya ya bs ningkatin keuntungan usaha. Mantap nih produk software dr Astakona.

    BalasHapus
  13. Zaman dulu untuk maintenance mesin produksi mungkin dicatat secara manual yaa.. Tapi kini sudah tersedia Software Teknologi dari Astakona yang memudahkan. Selain bikin mesin awet, mereka juga bekerja secara optimal.

    BalasHapus
  14. Adanya Astanoka mampu membantu bisnis apa pun. Bahkan industri pun bisa terbantu banget nih. Biar nantinya bisa tercover tentang jadwal dan pengecekan rutin untuk mesin-mesin yang ada.

    BalasHapus
  15. Penting banget ya untuk melakukan perawatan mesin, agar mesin bisa bekerja dengan baik. Adanya software dari Astakona sangat membantu pekerjaan jadi lebih efisien.

    BalasHapus
  16. Software Astakona memang menjadi solusi tepat bagi perusahaan ya. Nggak ragui lagi jadinya menggunakan jasa astakona

    BalasHapus
  17. Wah lengkap banget ya ternyata softwarenya. Mustinya Astakona sudah tidak diragukan lagi untuk menunjang bisnis kita.

    BalasHapus
  18. Software ini membantu banget dalam mengetahui kondisi mesin ya, kapan harus melakukan perawatan dan sebagainya...

    BalasHapus


EmoticonEmoticon