Pengalaman Mengganti Sparepart Motor di Planet Ban - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

Pengalaman Mengganti Sparepart Motor di Planet Ban

Planet Ban Cirendeu

Awalnya saya mengira jika Planet Ban hanya menjual ban motor saja, karena dari namanya sudah jelas ada kata "ban". Namun faktanya Planet Ban juga menyediakan berbagai macam sparepart atau suku cadang untuk motor berbagai merek dan tipe. Bisa dibilang suku cadang yang dijual lumayan cukup lengkap.

Planet Ban merupakan toko ritel modern yang fokus utamanya menyediakan ban motor berkualitas dan tahan lama. Selain itu juga menjual suku cadang berkualitas tinggi, servis motor dan layanan ganti oli. Hingga tulisan ini dibuat, Planet Ban telah memiliki lebih dari 1100 toko di seluruh Indonesia. 

Sebagai ritel otomotif modern, Planet Ban menyediakan suku cadang eksklusif merek X-Grade untuk kebutuhan motor Anda, mulai dari kampas rem, aki (accu), minyak rem, komponen CVT, rantai, cairan anti bocor, filter udara, seal dan beragam cuku cadang lainnya.

Pengalaman Servis Motor dan Ganti Sparepart di Planet Ban

Setelah tahu kalau di Planet Ban juga bisa untuk servis motor, beberapa kali saya mencoba membawa motor saya ke Planet Ban terdekat, yakni di daerah Cirendeu Raya, Tangerang Selatan. Lokasinya sangat strategis, karena berada persis di pinggir jalan raya, sehingga mudah dijangkau.

Agar tidak terlalu mengantri, saya sengaja datang ke bengkel pagi-pagi sekitar pukul 08.00. Hari itu saya menjadi pelanggan pertama di Planet Ban Cirendeu. Beruntung bisa datang lebih awal, karena tidak perlu mengantri. Jika datang siang sedikit, pasti bakalan antri. 

Pengalaman Servis Motor di Planet Ban

Peralatan Lengkap di Bengkel Planet Ban

Benar saja, tidak lama kemudian, ada 1-2 motor yang datang. Begitu seterusnya, hingga kondisi lumayan cukup ramai pagi itu. Maklum saja, soalnya saya ke bengkel hari Sabtu, jadi banyak orang yang libur kerja mengecek kendaraannya ke bengkel pagi itu.

Awalnya saya hanya ingin servis motor saja, tetapi setelah diperiksa, ternyata ada sparepart yang harus diganti yaitu paking. Supaya performa mesin motor semakin bagus, tanpa pikir panjang saya langsung mengiyakan untuk menggantinya saja. Mumpung mesinnya lagi dibongkar dan dibersihkan, jadi saya pikir sekalian saja..

Ganti Paking di Planet Ban Cirendeu

FYI, setiap kita melakukan transaksi di cabang Planet Ban mana pun, petugas akan meng-input kata kita ke dalam sistem mereka. Jadi, ketika kita datang lagi untuk transaksi berikutnya, entah itu servis motor, ganti oli atau membeli suku cadang, maka tinggal sebutkan saja nomor plat motor atau nama. Ssst, biasanya suka ada promo menarik loh.

Proses Servis Motor di Planet Ban

Mekanik akan membuka penutup mesin dan akan membersihkan bagian dalamnya, sekaligus dicek apakah ada komponen motor yang perlu diganti atau tidak. Seperti di bengkel kebanyakan, mekanik akan mengabarkan ke konsumen jika ada sparepart yang harus diganti. Keputusan untuk mengganti sparepart atau tidak tetap ada di tangan konsumen. 

Kualitas Jasa Pelayanan di Planet Ban

Ada yang berbeda dari proses pembersihan bagian dalam motor. Mekanik akan mencampurkan cairan aditif "Auto Clean-up" merek X-Ten (produk dari Planet Ban) ke dalam tangki bensin motor. Tujuannya untuk membersihkan sisa kerak karbon dari dalam mesin. Jadi, sebisa mungkin isi tangki jangan sampai kosong ya guys, hehehe...

Cairan Pembersih Mesin Motor

Selanjutnya mekanik akan memutar pedal gas sampai RPM tinggi untuk mengeluarkan kerak karbon yang akhirnya ikut terbakar. Setelah digeber, tampak asap berwarna hitam keluar dari knalpot motor saya. Jika ada banyak kotoran, maka warna asapnya semakin pekat. Mekanik akan terus membersihkan hingga tidak ada lagi asap warna hitam yang keluar.

Beberapa proses pembersihan pada motor matic Honda Spacy yang dilakukan di bengkel Planet Ban, di antaranya :

  • Membersihkan jalur fuelpump dan injector
  • Membersihkan deposit/sludge di dalam area mesin. Cairan dimasukkan sebelum oli lama dikeluarkan
  • Melumasi drive belt / venbetl agar lebih awet tidak cepat getas atau retak
  • Membersihkan debu dan kotoran pada crankcase dengan menyemprotkan cairan ke area CVT saat pulley sudah dibuka
  • Membersihkan kampas ganda dan mangkok CVT dengan cara diamplas
  • Cek fungsi rem (minyak rem, kampas rem dan jarak rem)
  • Cek busi
  • Cek tegangan aki / baterai

Bagaimana Hasilnya Setelah Servis di Planet Ban?

Durasi servis motor di Planet Ban mungkin sekitar 1-2 jam, tergantung dari tingkat kerusakannya. Setelah selesai, saya membayar di kasir sebesar Rp 178 ribuan. Oh iya, di sini juga bisa bayar pakai transfer, QRIS atau cash. Pilihan pembayaran pun cukup beragam, jadi tidak perlu khawatir kalau uang cash kurang atau lupa bawa uang cash, masih bisa bayar pakai QRIS, hehehe...

Berapa Harga Servis Motor di Planet Ban
Total biaya servis motor full di Planet Ban sebesar Rp 178 ribuan (dokpri)

Setelah beres semuanya, saya mencoba memakai motor Spacy. Tarikannya terasa lebih ringan dan tidak "ngeden" ketika dibawa ngebut di jalanan. Not bad lah, meski tidak membongkar bagian vital dan membersihkannya secara manual. Namun, pastinya akan lebih bagus lagi jika membersihkannya secara manual dibongkar satu-satu. Cara ini tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.

Secara keseluruhan servis atau tune-up di Planet Ban cukup recommended. Pengerjaannya cepat dan rapi. Hasilnya juga cukup bagus untuk menjaga performa mesin motor. Yang paling penting adalah rutin melakukan servis pada kendaraan Anda. Terutama ganti oli sebaiknya dilakukan setiap satu bulan sekali (ini pengalaman saya).

Konklusi

Sangat penting untuk menjaga performa mesin motor, agar tidak cepat rusak atau ada komponen yang sudah aus. Apalagi jika insensitas pemakaian motor sangat tinggi, maka lakukan servis dan ganti oli secara rutin ya. Jangan tunggu rusak, baru deh kita ke bengkel.

Nah demikian pengalaman saya ketika melakukan servis dan mengganti sparepart motor di Planet Ban Cirendeu. Bagi Anda yang belum pernah servis motor di Planet Ban, mungkin bisa dicoba terlebih dulu di cabang terdekat yaa...

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

15 komentar

  1. Dulu sebelum ada Planet Ban, Tiap kali service motor baik ganti oli atau pergantian onderdeal, saya selalu ke bengel biasa dan terkadang ada saja permasalahan baru di motor. Sekarang, setelah 2 tahun ada dealer Planet Ban di Tempat saya, saya lebih memilih service di Planet Ban.
    Pelayanannya bagus dan harga yang dibandrol untuk tiap onderdeal pun sama dengan di dealer resmi Honda. Pokoknya. Planet Ban Top deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap nih pak cikgu. Ternyata pelanggan Planet Ban juga nihh

      Hapus
  2. Di daerah deket rumahku juga ada bengkel Planet Ban. Dan lumayan ramai juga dari pagi.

    Btw enak juga ya bayarnya bisa pake QRIS, jadi gak perlu khawatir lagi kalo misalnya dana yang sudah kita siapkan untuk perbaikan motor kurang, jadi bisa tinggal scan QRIS aja. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas. Urusan payment memang sebaiknya disiapkan secara lengkap, biar konsumen lebih leluasa dan mudah dalam bertransaksi

      Hapus
  3. Planet Ban memang terkenal rekomended untuk urusan ban kendaraan. Namun juga disana menyediakan beragam sparepart yang cukup lengkap dan berkualitas tinggi tentunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin awalnya menjual ban saja, tapi lama kelamaan semakin banyak produk kebutuhan motor yang dijual, termasuk sparepart, ganti oli dan servis motor 🛵

      Hapus
  4. Saya juga ada rencana ganti ban di planet ban.. kebetulan di perumahan saya ada. Banyak yang rekomendasikan jadi penasaran deh. Saya pikir juga cuma jual ban doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dibagikan pengalamannya setelah ganti ban nanti yaa, penasaran sama ban barunya seperti apa

      Hapus
  5. Ternyata Planet Ban ada dimana mana ya, tadi aku juga habis mengunjungi Planet Ban ternyata selain jual, ban, sperpart, juga melayani perawatan mesin motor. Cabang banyak jadi mudah dijangkau..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, sekarang Planet Ban sudah banyak ditemui di berbagai daerah. Saya pikir cuma jualan ban motor aja, eh ternyata cukup lengkap juga ya...

      Hapus
  6. Ternyata planet ban mahir ya kak di servis juga..kirain hanya jasa seputar ban saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mas Ito, layanannya cukup lengkap juga loh sekarang

      Hapus
  7. Ohh planet ban ternyata punya layanan lengkap ya kak untuk kebutuhan kendaraan bermotor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mba. Layanannya juga cukup lengkap juga loh. Saya juga baru tau nih...

      Hapus
  8. Setahuku planet ban cuma buat ganti ban doang. Ternyata bisa servis dan lain lain juga ya.. Thanks infonya mas hendra

    BalasHapus


EmoticonEmoticon