PAFI Kabupaten Madiun Bantu Optimalkan Layanan Kesehatan Masyarakat - Kumpulan Artikel Bisnis
iklan banner

PAFI Kabupaten Madiun Bantu Optimalkan Layanan Kesehatan Masyarakat

Apa Itu Farmasi

Melalui perpanjangan tangan dari PAFI Pusat, PAFI Kabupaten Madiun turut berkontribusi dalam mewujudkan meningkatkan kesejahtaraan masyarakat umum melalui layanan kesehatan farmasi. Untuk memberikan kemudahan layanan terbaik bagi masyarakat, PAFI Kabupaten Madiun terus mengembangkan berbagai inisiatif dan berbagai program, termasuk menyediakan registrasi keanggotaan ahli farmasi secara online.

PAFI sendiri merupakan akronim dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang didirikan sejak tanggal 13 Februari 1946 di Hotel Merdeka, Yogyakarta. PAFI ini merupakan suatu organisasi yang menghimpun seluruh tenaga ahli farmasi di Indonesia. 

Organisasi ini merupakan salah satu potensi pembangunan yang tidak pernah absen dalam perjuangan pembangunan Indonesia. Sebagai salah satu potensi pembangunan sesuai fungsinya, di samping tugas kesehariannya, anggota PAFI turut serta meningkatkan taraf kesejahteraan umum, khususnya di bidang Kesehatan Masyarakat dan Farmasi.

Farmasi dan apoteker merupakan bagian dari ilmu bidang kesehatan, akan tetapi memiliki peran yang berbeda. Meskipun begitu, keduanya saling melengkapi dalam rangka memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Jika farmasi fokus pada penelitian, pengembangan dan produksi obat-obatan, maka apoteker terlibat dalam pemberian obat kepada pasien, memberikan informasi mengenai penggunaan obat serta menjaga agar proses distribusi obat berjalan dengan lancar.

Tujuan Organisasi PAFI

Mengenal Organisasi PAFI

PAFI dan Pengurus Pusat PAFI berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berazaskan Pancasila. Organisasi PAFI adalah organisasi profesi yang bersifat kekayaan dan pengabdian, serta memiliki empat tujuan mulia di bawah ini :

1. Mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

Seperti dilansir dari situs web PAFI Pusat, sesungguhnya Ahli Farmasi Indonesia sudah ada sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Dan telah berjuang bahu membahu dengan semua golongan masyarakat untuk melenyapkan penjajahan dari muka bumi Indonesia, serta turut aktif mempertahankan NKRI dan kemudian ikut serta dalam pembangunan masyarakat dan negara.

2. Mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia

Tujuan Organisasi PAFI selanjutnya adalah membantu mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia. Dalam hal ini, PAFI Kabupaten Madiun fencar melakukan sosialisasi tentang kesehatan dan kesadaran terhadap penggunaan obat-obatan yang tepat. Misalnya anjuran untuk meningkatkan awareness sebelum mengonsumsi obat, konsultasi dengan dokter dan apoteker sebelum menggunakan obat, serta memberikan edukasi terkait pencegahan penyakit.

3. Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia

Langkah peningkatan efisiensi dan akurasi dalam memberikan pelayanan kesehatan farmasi kepada masyarakat luas, dengan cara mengembangkan dan meningkatkan pembangunan dalam dunia farmasi. Baik PAFI Pusat maupun PAFI Madiun khususnya telah mengembangkan sistem informasi farmasi yang saling terintegrasi, sehingga akan memberikan informasi yang lebih cepat dan akurat secara online.

4. Membantu meningkatkan kesejahteraan anggota

Salah satu tujuan PAFI yang tidak kalah pentingnya adalah membantu meningkatkan kompetensi serta kesejahteraan para anggotanya. Berbagai info mengenai pelatihan dan seminar untuk para ahli farmasi Kabupaten Madiun di-update pada situs web tersebut.

Pelatihan dan seminar tentang manajemen farmasi, penggunaan teknologi dalam pelayanan farmasi, serta pengembangan soft skills, seperti komunikasi dan pelayanan auto bisa diikuti oleh para anggota. Berbekal kemampuan kompetensi yang baik, diharapkan para anggota mampu memberikan layanan kesehatan farmasi secara maksimal kepada masayarakat. 

Konklusi

Semoga dengan hadirnya cabang PAFI Kabupaten Madiun bisa membantu memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses informasi seputar kesehatan yang akurat dan terpercaya. Sekaligus bisa menghindarkan dari peredaran obat palsu dan ilegal.

Demikian artikel mengenai pafikabmadiun yang bisa Akubisnis.com bagikan. Semoga bisa menambah wawasan baru dari dunia kesehatan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon